Sejarah Pendidikan Montessori

Pada tahun 1907, Maria Montessori mendirikan sekolah Montessori pertama di Roma. Tujuan keseluruhannya adalah untuk memberikan program pendidikan sehari penuh kepada anak-anak berusia empat sampai tujuh tahun dari keluarga berpenghasilan rendah.


Idenya dengan cepat berkembang dan semakin populer dan dengan demikian lebih banyak sekolah Montessori dibentuk di Eropa dan India. Tidak butuh waktu lama bagi metode sekolah untuk menyeberang ke Amerika Serikat.


Faktanya, metode pengajaran Montessori menciptakan minat besar di Amerika Serikat dari tahun 1910 hingga 1920. Sayangnya, metode Montessori tampaknya sebagian besar dilupakan di Amerika Serikat hingga akhir 1950-an.


Saat itulah gerakan Montessori kedua dimulai di Amerika. Kali ini, fokus utamanya adalah pada sekumpulan sekolah swasta yang melayani hampir seluruh populasi kelas menengah.


Sistem pendidikan Montessori berjuang dengan keberhasilannya sendiri ketika mulai mengalami kesulitan menemukan guru yang cukup. Kenyataannya, kekurangan guru itu diperlukan untuk memulai pembuatan pusat pelatihan guru Montessori swasta yang berdiri sendiri. Masing-masing pusat ini tidak terkait dengan perguruan tinggi atau universitas mana pun dan mengajarkan metode pengajaran Montessori kepada calon pendidik.


Pada akhir 1960-an, beberapa orang tua mulai meminta sekolah umum di daerah mereka untuk menawarkan model pendidikan Montessori bagi anak-anak sekolah dasar mereka yang telah lulus dari pra-sekolah Montessori swasta.


Serbuan dukungan publik didorong oleh dana pemerintah yang disediakan untuk program Montessori baru yang dimulai di area sekolah umum. Saat ini, lebih dari seratus distrik sekolah AS memiliki beberapa jenis program Montessori.


Tapi mengapa Montessori menjadi begitu populer? Banyak yang percaya ini karena kemampuan program untuk mengatasi tiga masalah utama yang masih dihadapi oleh sistem sekolah umum. Sementara sistem sekolah umum telah mengalami pergolakan, sistem sekolah Montessori telah berkembang.


Dengan menggunakan metode pengajaran mereka yang unik, siswa Montessori telah menunjukkan tingkat pemahaman bacaan dan kinerja akademik yang tinggi secara konsisten. Dalam buku "Panduan Orang Tua Montessori", kami menyelami lebih dalam tentang bagaimana program Montessori sangat unik dan membedakan dirinya dari metode pengajaran saat ini.

LihatTutupKomentar